ALIH KREDIT UT

Posted: 28/12/2011 in Profil Universitas Terbuka (UT)

ALIH KREDIT UT

 Pemrosesan alih kredit

A. PERSYARATAN ADMINISTRASI

Mahasiswa UT yang mengajukan berkas alih kredit harus:

1.   Membayar biaya administrasi permohonan alih kredit (sebesar Rp. 350.000 untuk tranfer nilai dari PT Lain ke UT dan sebesar Rp. 100.000,- untuk tranfer nilai dari UT-Ke UT).

2.   Melengkapi persyaratan dalam formulir alih kredit (dapat dibaca di Buku Katalog halaman 45-47) yaitu dengan melampirkan:

a.   Ijazah dan transkrip yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang

b.   Daftar matakuliah yang diajukan (bagi yang belum lulus)

c.   Deskripsi matakuliah yang ditandatangi oleh pejabat yang berwenang (bagi yang belum lulus dari PT lain)

d.   Foto copy transkrip nilai yang telah dileglisir.

e.   Foto copy kartu mahasiswa

f.    Tanda bukti setor dari pembayaran biaya administrasi alih kredit.

Semua berkas berikut lampiran diserahkan ke UPBJJ untuk dikirim ke BAAPM-UT Pusat untuk dianalisis di fakultas.
B. SISTEM ANALISIS BERKAS ALIH KREDIT

1.   Pemrosesan alih kredit bagi yang sudah punya ijazah PT asal
Pemrosesan berkas alih kredit di FEKON (untuk yang punya ijazah PT lain/alumni di PT asal) sejak tahun 2008 telah menggunakan sistem blok transfer. Ada 3 kategori penilaian dari sistem blok transfer, yaitu relevan, semi relevan dan tidak relevan. Jumlah sks matakuliah yang dibebaskan dan yang ditempuh per jenjang pendidikan ditetapkan berdasarkan kesesuaian rumpun bidang ilmu PS PT asal dengan PS di Fekon UT. Dalam analisis melalui blok transfer tersebut, ada sejumlah matakuliah yang harus ditempuh kembali di UT walaupun telah ditempuh dari PT asal. Namun demikian ada juga sejumlah matakuliah yang dibebaskan walaupun belum pernah ditempuh dari PT asal.
Berkas alih kredit dianalisis oleh tim di Fakultas Ekonomi untuk mendapat SK Dekan tentang pengakuan pembebasan matakuliah.

2.   Pemrosesan alih kredit bagi yang belum punya ijazah PT asal
Pemrosesan berkas alih kredit bagi yang belum mempunyai ijzah PT asal dilakukan melalui analisis course by course. Untuk itu berkas perlu dilengkapi dengan deskripsi matakuliah yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang di PT asal. Berkas juga perlu dilegkapi dengan daftar matakuliah yang di usulkan untuk dialihkreditkan dari PT lain ke UT.

C. WAKTU PEMROSESAN
Waktu pemrosesan dari mulai berkas diterima di Fakukltas sampai selesai SK yaitu sekitar 2 bulan, dengan catatan apabila tidak ada kasus (ada kekuranglengkapan persyaratan administrasi dan perbedaan data pribadi dalam LKAM).

Kasubbag AAK
Yuniarlis – Fakultas Ekonomi

LEGALISIR IJAZAH / TRANSKRIP NILAI

Kepada Seluruh Mahasiswa UT

Bersama ini kami beritahukan kepada mahasiswa Universitas Terbuka yang berada di luar Jakarta membutuhkan legalisir ijazah /transkrip dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Saudara dapat melagalisasi di UPBJJ dengan menunjukan Ijazah/transkrip , identitas berupa Kartu Mahasiswa/KTP yang asli dan foto copy ijazah/transkrip untuk ditandatangani oleh Kepala UPBJJ atau yang mewakilinya.
  2. Jika Saudara menginginkan legalisasi oleh Dekan Fakultas Ekonomi, maka Saudara harus datang ke UPBJJ dengan menunjukan ijazah/transkrip serta identitas berupa Kartu Mahasiswa/KTP untuk diverifikasi oleh kepala UPBJJ tentang keabsahan data Saudara.
  3. Foto copy ijazah/transkrip yang akan dilegalisasi harus sudah diparaf oleh kepala UPBJJ dan kemudian dikirim oleh UPBJJ ke Fakultas Ekonomi dengan surat pengantar. Legalisasi Dekan maksimum sebanyak 5 (lima) set tanpa dipungut biaya.

Demikian informasi yang kami sampaikan untuk diketahui.

Kasubbag AAK

Yunirlis

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s