TAP Ekonomi Pembangunan 2006.2

TAP EKONOMI PEMBANGUNAN 2006.2

Soal TAP ini  terdiri dari soal-soal TAP (yang pernah diujikan dari 2000.2 sampai masa ujian 2006.2

Soal 6

Polemik tentang impor beras dan gula mengundang tanggapan yang kontroversial. Padahal pemerintah mempunyai kewenangan dalam menstabilkan pasokan dan harga kedua barang tersebut.

Dari uraian tersebut jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

a.       Bagaimana peran BULOG dalam rangka menstabilkan harga beras maupun harga gula? (Analisis dengan ceiling price, floor price dan kebijakan harga dari pemerintah)

b.      Bagaimana perilaku produsen gula dan beras dalam menghadapi maraknya impor beras dan gula? (Analisis dengan Fixed Cost, Variable Cost, Total Cost, Total Revenue, titik tutup usaha)

c.       Bagaimana dengan perilaku konsumen? (Analisis dengan Total Revenue dan harga)

 

Soal 7

Sejak 1960-an sampai 1990-an sampai krisis ekonomi, Indonesia banyak melakukan langkah-langkah dalam mengurangi ”kemiskinan”. Krisis ekonomi dan finansial yang terjadi tahun 1997 merubah hal ini secara drastis. Berdasarkan indeks per kepala, kemiskinan meningkat dari 11,4 persen pada tahun 1995 menjadi 15,7 persen pada tahun berikutnya, kemudian melonjak menjadi 27,1 persen pada puncak krisis pada tahun 1999. Dampak dari krisis ekonomi cukup berat terhadap semua sektor ekonomi, sosial ekonomi dan politik. Pada tahun 1998, krisis mengakibatkan dampak yang berbeda-beda terhadap ekonomi kota (terutama kota-kota besar), PDB kota menurun hingga 18 persen dan 13 persen secara keseluruhan. (ADB, 2001). Banyak terjadi PHK karena industr-industri perkotaan yang tutup atau bangkrut dan proyek-proyek konstruksi yang terhenti. Pengangguran makin meningkat terutama di sektor formal di daerah perkotaan. PHK membuat ribuan penduduk dengan penghasilan rendah keluar dari sektor formal, dan berpindah ke sektor informal. Banyak penduduk miskin yang tidak dapat bertahan di kota, kembali ke desa asal mereka, dan menambah beban dan tekanan di pedesaan. Salah satu yang dapat dilihat dari wajah kemiskinan perkotaan di Indonesia adalah kondisi jutaan penduduk yang tinggal di daerah kumuh di Jakarta. Kelompok marginal, seperti penduduk permukiman kumuh di Jakarta mengalami kemiskinan materi karena kurangnya pemasukan untuk memenuhi kebutuhan makanan dan permukiman, kurangnya sistem kesehatan, dan kurangnya jaminan sosial; terbatasnya akses terhadap penyediaan air bersih, sanitasi, dan transportasi; terbatasnya akses terhadap informasi dan pendidikan.

Dari uraian tersebut jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

a.       Bagaimana Saudara membedakan karakteristik kemiskinan di perkotaan dan di perdesaan?

b.      Bagaimana upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan di perkotaan?

Jelaskan langkah-langkah strategis dan tujuan dari program penanggulangan kemiskinan di perkotaan.

c.       Proses migrasi ke kota-kota besar (urbanisasi) merupakan gejala umum yang terjadi seiring dengan pertumbuhan ekonomi di perkotaan. Bagaimana dampak dari terjadi urbanisasi di perkotaan? Dan bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk membatasi arus urbanisasi?

 

Soal 8

Keberadaan perusahaan multinasional (multinational corporation) ibarat buah simalakama. Pada satu sisi dianggap mengunutngkan bagi negara penerima namun disisi lain keberadaanya dipandang merugikan. Fenomena ini juga terjadi di Indonesia seiring dengan banyaknya investasi asing langsung (foreign direct investment) seperti yang dilakukan oleh PT. Freeport, PT. Newmont Minahasa Raya, Exxon Mobil dan beberapa perusahaan lain. Kondisi negatif ini semakin diperparah dengan berbagai kebijakan kontroversi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Dari pernyataan tersebut maka:

  1. Menurut pendapat Anda, apabila perusahaan multinasional melakukan kebijakan transfer pricing, maka apakah relevansinya terhadap negara penerima?
  2. Apakah dampak positif yang diterima oleh negara tujuan investasi serta apa dampak negatif dengan adanya perusahaan multinasional tersebut?
  3. Kebijakan apakah yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi dampak negatif tersebut?

 

Soal 9

Dampak kenaikan BBM saat membuat perekonomian kita limbung. Pertumbuhan ekonomi mengalami  penurunan sementara itu tingkat inflasi cenderung meningkat sehingga ancaman stagflasi membayangi perekonomian kita kedepan. Keadaan ini mirip dengan fenomena yang pernah dialami perekonomian Amerika Serikat pada tahun 1970-an, dimana pada saat itu kita mengalami windfall akibat meroketnya harga minyak mentah, atau lebih dikenal dengan oil boom.

Pertanyaan:

Menurut hemat Saudara, tindakan apakah yang perlu dilakukan bagi pemulihan ekonomi? Sisi manakah (supply side  ataukah aggregate demand) yang harus diberi rangsangan agar perekonomian bisa pulih tanpa mengorbankan stabilitas makro ekonomi?

 

Soal 10

Penghasilan Mardan tiap bulan di Kantor Kebersihan Umum sebesar Rp.1.500.000,00. Setiap bulan pengeluaran untuk kebutuhan non pangan sebesar Rp.1.000.000,00. Sedang sisanya untuk membeli bahan pangan pokok sebanyak 50 kg dengan harga Rp.4.000,00 per kg dan bahan pangan protein seharga Rp.6.000,00 per kg. Dengan adanya kebijakan otonomi daerah, pendapatannya meningkat menjadi Rp.2.000.000,00 dan yang mengalami perubahan hanya harga bahan pangan protein yaitu menjadi Rp.8.000,00 per kg.

  1. Hitung jumlah bahan pangan protein yang dikonsumsi sebelum dan sesudah ada kenaikkan pendapatan.
  2. Bagaimana kondisi garis anggaran sebelum dan sesudah ada kenaikkan pendapatan? (Dalam analisis dimisalkan: bahan pangan pokok = X dan sebagai sumbu horizontal, sedang bahan pangan protein = Y dan sebagai sumbu vertikal)
  3. Bagaimana tingkat kepuasan Mardan sebelum dan sesudah ada kenaikan pendapatan dengan menggunakan kurva indiferen?
  4. Jika jumlah bahan pangan protein yang dikonsumsi tetap seperti sebelum ada kenaikkan pendapatan, berapa jumlah pendapatan yang dapat ditabung?

Sumber : Buku Soal Jawab TAP Ekonomi Pembangunan 2007 –  Fakultas Ekonomi UT

File jTriwiyanto

Untuk mendapatkan Jawaban dari Soal-Soal tersebut, silakan kirim email ke : jetriwiyanto@yahoo.co.id dan ika.utjakarta@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s