EKONOMI PEMBANGUNAN

FAKULTAS EKONOMI
Jurusan Ekonomi Pembangunan
Program Studi Ekonomi Pembangunan

UNIVERSITAS TERBUKA

Visi
Pada tahun 2015 menjadi salah satu program studi penyelenggara program Strata 1 (S1) Ekonomi Pembangunan melalui sistem Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh di Indonesia yang menghasilkan sarjana ekonomi pembangunan yang memiliki fondasi yang kuat dalam ilmu ekonomi dan mampu memecahkan permasalahan-permasalahan ekonomi baik makro maupun mikro.
Misi
1. Menyelenggarakan program pengajaran dengan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) untuk menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis permasalahan ekonomi baik makro maupun mikro.
2. Memperluas kesempatan belajar bagi masyarakat dalam bidang ilmu Ekonomi Pembangunan melalui sistem PTTJJ.
3. Meningkatkan kualitas lulusan bidang ilmu Ekonomi Pembangunan melalui sistem PTTJJ.
4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas peneliitian dan pengembangan di bidang ilmu Ekonomi Pembangunan.
5. Menghasilkan bahan ajar dalam bidang ilmu Ekonomi Pembangunan yang berkualitas dan dapat menjadi acuan bagi program studi Ekonomi Pembangunandi perguruan tinggi lain di Indonesia.
6. Menyebarluaskan dan berbagi informasi tentang penyelenggaraan pendidikan di bidang ilmu Ekonomi Pembangunan melalui sistem PTTJJ secara inovatif dan berkesinambungan kepada masyarakat.
7. Mengembangkan dan meningkatkan jaringan kerjasama bidang akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat pada tingkat local, nasional dan internasional.

Program Studi Ekonomi Pembangunan
Kurikulum

No Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot SKS
1 ESPA4112 Matematika Ekonomi I 3
2 EKMA4115 Pengantar Akuntansi 4
3 ESPA4110 Pengantar Ekonomi Makro 3
4 MKDU4120 Bahasa Indonesia 3
5 ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro 3
6 MKDU4112 Ilmu Alamiah Dasar 3
7 SOSI4101 Bahasa Inggris Niaga 2
8 ESPA4113 Statistika Ekonomi I 3
9 EKMA4111 Pengantar Bisnis 3
10 MKDU422X Pendidikan Agama 3
11 EKMA4212 Pengantar Aplikasi Komputer 2
12 MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan 3
13 EKMA4116 Manajemen 4
14 ESPA4212 Matematika Ekonomi II 3
15 ESPA4214 Statistika Ekonomi II 3
16 ESPA4220 Teori Ekonomi Makro 3
17 EKMA4310 Hukum Komersial 2
18 SOSI4205 Sosiologi Ekonomi 3
19 ESPA4211 Teori Ekonomi Mikro I 3
20 ESPA4512 Sejarah Perekonomian 3
21 ESPA4321 Teori Ekonomi Mikro Lanjutan 3
22 ESPA4323 Ekonomi Koperasi 2
23 ESPA4320 Teori Ekonomi Makro Lanjutan 3
24 ESPA4229 Ekonomi Pembangunan 3
25 ESPA4217 Ekonomi Moneter I 3
26 ESPA4228 Ekonomi Publik 3
27 ESPA4317 Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan 3
28 ESPA4216 Ekonomi Internasional I 3
29 ESPA4321 Metode Penelitian 3
30 ESPA4421 Kebanksetralan dan Kebijakan Moniter 3
31 ESPA4312 Ekonometrika 3
32 ESPA4524 Sistem Keuangan Pusat dan Daerah 3
33 ESPA4318 Sistem Ekonomi 2
34 ESPA4414 Ekonomi Pembangunan II 3
35 ESPA4410 Ekonomi Internasional II 3
36 EKMA4213 Manajemen Keuangan 3
37 ESPA4415 Ekonomi Pertanian 3
38 ESPA4314 Perekonomian Indonesia 3
39 ESPA4425 Ekonomi Regional 3
40 ESPA4316 Sejarah Pemikiran Ekonomi 3
41 ESPA4219 Ekonomi Perencanaan 3
42 ESPA4527 Ekonomi Perkotaan dan Transportasi 3
43 ESPA4513 Ekonomi Industri 3
44 ADPU4442 Sistem Informasi Manajemen 3
45 ESPA4319 ESDM 3
46 ADBI4432 Bisnis Internasional 3
47 ESPA4522 Agribisnis 3
48 EKMA4413 Riset Operasi 3
49 ESPA4500 Tugas Akhir Program 4
Total SKS 145

Paket Arahan Matakuliah Per Semester (Katalog 2010)
(8 SEMESTER)

NO KODE MATAKULIAH SKS WAKTU UJIAN
Semester I
1 ESPA4112 Matematika Ekonomi I 3 1.1
2 EKMA4115 Pengantar Akuntansi 4 1.2
3 ESPA4110 Pengantar Ekonomi Makro 3 2.2
4 MKDU4110 Bahasa Indonesia 3 2.3
5 ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro 3 2.4
6 MKDU4112 Ilmu Alamiah Dasar 3 2.5
19
Semester II
1 SOSI4101 Bahasa Inggris Niaga 2 1.1
2 ESPA4113 Statistika Ekonomi I 3 1.3
3 EKMA4111 Pengantar Bisnis 3 1.4
4 MKDU422X Pendidikan Agama 3 1.5
5 EKMA4212 Pengantar Aplikasi Komputer 2 2.3
6 MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan 3 2.4
7 EKMA4116 Manajemen 4 2.5
20
Semester III
1 ESPA4212 Matematika Ekonomi II 3 1.1
2 ESPA4214 Statistika Ekonomi II 3 1.3
3 ESPA4420 Teori Ekonomi Makro 3 2.1
4 EKMA4310 Hukum Komersial 2 2.3
5 SOSI4205 Sosiologi Ekonomi 3 2.4
6 ESPA4211 Teori Ekonomi Mikro I 3 2.5
17
Semester IV
1 ESPA4512 Sejarah Perekonomian 3 1.1
2 ESPA4321 Teori Ekonomi Mikro Lanjutan 3 1.2
3 ESPA4323 Ekonomi Koperasi 2 1.5
4 ESPA4320 Teori Ekonomi Makro Lanjutan 3 2.1
5 ESPA4229 Ekonomi Pembangunan 3 2.2
6 ESPA4217 Ekonomi Moneter I 3 2.4
7 ESPA4228 Ekonomi Publik 3 2.5
20
Semester V
1 ESPA4317 Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan (ESDAL) 3 1.2
2 ESPA4216 Ekonomi Internasional I 3 1.3
3 ESPA4321 Metode Penelitian 3 1.4
4 ESPA4421 Kebanksentralan dan Kebijakan Moniter 3 1.5
5 ESPA4312 Ekonometrika 3 2.1
6 ESPA4524 Sistem Keuangan Pusat dan Daerah 3 2.3
7 ESPA4318 Sistem Ekonomi 2 2.4
20
Semester VI
1 ESPA4414 Ekonomi Pembangunan II 3 1.2
2 ESPA4410 Ekonomi Internasional II 3 1.3
3 EKMA4213 Manajemen Keuangan 3 1.4
4 ESPA4415 Ekonomi Pertanian 3 2.1
5 ESPA4314 Perekonomian Indonesia 3 2.2
6 ESPA4425 Ekonomi Regional 3 2.3
7 ESPA4316 Sejarah Pemikiran Ekonomi 3 2.4
21
Semester VII
1 ESPA4219 Ekonomi Perencanaan 3 1.2
2 ESPA4527 Ekonomi Perkotaan dan Transportasi 3 1.4
3 ESPA4513 Ekonomi Industri 3 2.2
4 ADPU4442 Sistem Informasi Manajemen 3 2.4
5 ESPA4319 Ekonomi Sumber Daya Manusia (ESDM) 3 2.5
15
Semester VIII
1 ESPA4500 Tugas Akhir Program 4 0.1
2 ADBI4432 Bisnis Internasional 3 1.2
3 ESPA4522 Agribisnis 3 1.4
4 EKMA4413 Riset Operasi 3 2.1
13
Total SKS 145

ACUAN MATERI TUGAS AKHIR PROGRAM (TAP)/ESPA4500  
JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN
PENDAHULUAN

Tugas Akhir Program TAP) pada dasarnya merupakan salah satu cara yang dilakukan UT untuk mengukur kemampuan mahasiswanya dalam penguasaan bidang ilmu yang telah dipilih dan ditujukan sebagai alat pengendali kualitas lulusan S1 Universitas Terbuka (UT). Selain itu Tugas Akhir Program (TAP) merupakan ujian yang berbentuk uraian (essay) yang diberikan kepada setiap mahasiswa program S1 yang akan mengakhiri masa studinya. Ujian uraian tersebut terdiri dari beberapa matakuliah inti keahlian dari program studi yang bersangkutan.

Jurusan Ekonomi Pembangunan (EP) juga melaksanakan TAP bagi mahasiswa S1. Mahasiswa Jurusan EP diwajibkan untuk menempuh ujian TAP yang secara komprehensif digunakan sebagai parameter untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menguasai bidang ekonomi pembangunan. TAP Jurusan EP meliputi 3 (tiga) matakuliah inti yang akan diujikan secara komperhensif dan saling terintegrasi melalui soal uraian (essay) yang berbentuk kasus. Pada setiap semester bentuk kasus yang diujikan dalam Tugas Akhir Program (TAP) senantiasa berubah disesuaikan dengan perkembangan isu terkini dari perekonomian Indonesia.

Tugas Akhir Program (TAP) ini dalam perjalanannya telah menimbulkan berbagai kesulitan atau keluhan-keluhan bagi sebagian besar mahasiswa Jurusan EP. Kesulitan atau keluhan-keluhan tersebut diantaranya disebabkan oleh:

  1. Adanya kesalahan informasi mengenai matakuliah yang menjadi acuan TAP.
  2. Ketidaksiapan mahasiswa mengikuti ujian yang berbentuk uraian karena kebiasaan mengikuti ujian berbentuk pilihan, lebih-lebih materi ujiannya mencakup beberapa matakuliah dalam satu set ujian.
  3. Banyaknya masalah yang menjadi topik pembahasan dalam bidang ilmu ekonomi dan pembangunan
  4. Ketiadaan suatu panduan mengenai materi TAP yang dapat digunakan sebagai pegangan bagi mahasiswa dalam menghadapi ujian.
  5. Kurangnya bantuan akademik yang diberikan kepada mahasiswa calon peserta TAP.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan oleh Jurusan EP adalah dengan memberi bantuan kepada mahasiswa peserta TAP melalui kerangka Acuan TAP yang akan diujikan pada setiap semesternya. Acuan materi ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai pedoman belajar bagi mahasiswa peserta TAP sehingga dapat belajar lebih terarah dan dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam menghadapi ujian.

PENGERTIAN TUGAS AKHIR PROGRAM (TAP)

Tugas Akhir Program (TAP) Jurusan EP UT diujikan dengan menggunakan bentuk kasus uraian (essay). Mahasiswa diberi waktu selama 180 menit (3 jam) untuk mengerjakan soal-soal kasus yang diambil dari fenomena perekonomian Indonesia terkini yang disampaikan secara komprehensif dan saling terintegrasi dari minimal 3 (tiga) matakuliah inti (MKK) yaitu: Perekonomian Indonesia, Teori Ekonomi Makro, dan Ekonomi Internasional Dari kasus tersebut mahasiswa diharapkan dapat menganalisis dan memberikan alternatif solusi (rekomendasi) dengan menggunakan pendekatan keempat bidang ilmu yang diujikan. Dalam menganalisis dan memecahkan kasus TAP tersebut mahasiswa diperkenankan membuka buku (open book) dan boleh menggunakan kalkulator.

ALOKASI WAKTU TAP

Lamanya waktu yang disediakan untuk mengerjakan TAP adalah 180 menit (3 jam). Dalam mengerjakan soal ujian, mahasiswa diharapkan dapat menggunakan waktu seefisien mungkin dengan mengacu pada alokasi waktu sebagai berikut:

  • membaca teks soal TAP (dimulai dari bagian pertanyaan) : 20 menit
  • menjawab pertanyaan ujian : 140 menit
  • meneliti kembali jawaban ujian : 20 menit

Jumlah : 180 menit. BAHAN AJAR PENDUKUNG TAP

No. Nama Matakuliah Kode MK Bahan Ajar yang Digunakan
1. Perekonomian Indonesia ESPA4314 Perekonomian Indonesia
2. Teori Ekonomi Makro ESPA4210. / ESPA4310 Teori Ekonomi Makro I. / Teori Ekonomi Makro II
3 Ekonomi Internasional ESPA4216. / ESPA4410 Ekonomi Internasional I. / Ekonomi Internasional II

 

KERANGKA ACUAN MATERI TAP

Materi ujian TAP secara keseluruhan diambil dari bahan ajar pendukung TAP yang berjumlah 11 mata kuliah. Namun pada masa ujian 2010 ini kerangka acuan materi materi lebih memberikan tekanan kepada 3 (tiga) matakuliah pendukung (MK Inti) sebagai berikut:

DESKRIPSI TAP (ESPA4500):

Mengevaluasi penguasaan mahasiswa terhadap 3 (tiga) bidang kajian (ilmu) yang merupakan matakuliah pendukung (inti) dalam program S1 Jurusan Ekonomi Pembangunan yaitu Perekonomian Indonensia, Teori Ekonomi Makro, Ekonomi dan Internasional secara komprehensif dan saling terinterintegrasi.

No TIU/TIK Mata Kuliah Pendukung Bahan Ajar Fokus Modul
TIU :
Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis fenomena perekonomian Indonesia yang meliputi daya saing, investasi dan perdagangan internasional
1 TIK 1 (Kompetensi Yang diharapkan):
Menganalisis perdagangan internasional dan antar negara: posisi daya saing Indonesia
Perekonomian Indonesia
  • Perekonomian Indonesia
  • ESPA4314 Perekonomian Indonesia [Modul 4]
2 TIK 2 (Kompetensi Yang diharapkan):
Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis industrialisasi di Indonesia yang meliputi:

  1. Pertumbuhan industri di Indonesia
  2. Dampak krisis global terhadap sektor industri di Indonesia
  3. Fenomena de-industrialisasi di Indonesia.
Perekonomian Indonesia
  • Perekonomian Indonesia
  • ESPA4314 Perekonomian Indonesia [Modul 2]
3 TIK 3 (Kompetensi Yang diharapkan):
Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis investasi asing langsung (FDI) di Indonesia yang meliputi:

  1. Pertumbuhan investasi asing langsung di Indonesia
  2. Pengaruh kebijakan moneter berdasarkan keseimbangan ekonomi makro Keynesian.
Perekonomian Indonesia
Teori Ekonomi Makro
  • Perekonomian Indonesia
  • Teori Ekonomi Makro I
  • Teori Ekonomi Makto II
  • ESPA4314 Perekonomian Indonesia [Modul 4]
  • ESPA4210 Teori Ekonomi Makro I
  • ESPA4310 Teori Ekonomi Makro II [Modul 8]
4 TIK 4 (Kompetensi Yang diharapkan):
Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis perdagangan antara dua negara dan pengaruh kebijakan perdagangan internasional yang meliputi:

  1. Daya saing perdagangan Indonesia menggunakan RCA (Revealed Comparative Advantage)
  2. Neraca perdagangan: kasus Indonesia dengan China
  3. Pengaruh Ekonomi tarif impor terhadap perdagangan.
Perekonomian Indoensia
Ekonomi Internasional
  • Perekonomian Indonesia
  • Ekonomi Internasional I
  • Ekonomi Internasional II
  • ESPA4314 Perekonomian Indonesia [Modul 4]
  • ESPA 4216 Ekonomi Internasional I
  • ESPA4410 Ekonomi Internasional II [Modul 4]

BOBOT PENILAIAN

Masing masing butir soal TAP memiliki bobot yang berbeda sesuai dengan tingkatan kesulitan dari soal (yang tercantum pada naskah TAP). Total bobot soal keseluruhan adalah 100 (100 %) . Presentase masing-masing bobot soal menurut nomor soal adalah sebagai berikut:

No Soal Jumlah Pertanyaan (Soal) Bobot Nilai Maksimal
1.

a

@10 = 10

2.

a
b
c
d

@10 = 40

2.

a
b

@10 = 20

2.

a
b
c

@10 = 30

Total Nilai Maksimal

100

Mahasiswa akan memperoleh jumlah nilai maksimal pada masing-masing butir soal hanya jika mengerjakan dengan benar dan lengkap (sempurna) serta dilengkapi dengan analisis yang sistematik. Mahasiswa diharapkan dapat mengerjakan soal langkah demi langkah dan uraian analisis yang sistematik (tidak hanya menjawab to the point atau hasil akhirnya saja).

http://www.fekon.ut.ac.id – file: jtriwiyanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s